Saturday, December 15, 2012

Surat Pegiat Literasi Indonesia


11 Desember 2012 yang lalu, seorang pegiat RBK membuat postingan menarik di sebuah website, yang banyak direspon secara positif. tulisan kali ini hanya sekedar berbagi, bahwa masih ada optimisme terhadap upaya-upaya perbaikan kualitas SDM di Indonesia melalui pemuda/i. Melalui entri Catatan RBK, berikut kami kutipkan postingan tersebut. 

Sebelumnya Mohon ijin , Saya Arif Indra Wanta adalah volunter dari Rumah Baca Komunitas di Yogyakarta dan aktifis pelajar juga mau menyampaikan tentang gerakan satu juta Ruma Baca untuk rakyat, ini Ide Kami bukan saya sendiri.

Gerakan GERAKAN 1 JUTA RUMAH BACA UNTUK RAKYAT yang disingkat GERABA merupakan salah satu bentuk gerakan creative social responsibility (CSR) yang dipelopori anak-anak muda yang mempunyai dedikasi tinggi terhadap pentingnya membaca untuk menjadikan rakyat lebih sadar, maju, dan berdaya. Karena itu, salah satu misi dari gerakan membaca dalam GERABA adalah berisi tiga hal yaitu penyadaran, pembelaan dan pemberdayaan. Keyakinan kami adalah dengan melahirkan masyarakat yang melek baca maka rakyat tidak dapat dibodohi dan ditindas.
Wujud kongkrit dari gerakan ini adalah program inisiasi terhadap lahirnya perpustakaan komunitas dan pemberdayaan yang sudah ada melalui gerakan buku bergulir kepada perpustakaan di seluruh tanah air. Misi mulia ini tidak akan tercapai tanpa dukungan dan peran kita semua. Anak bangsa ini akan bangkit seiring meningkatnya minat baca dan angka melek baca di kalangan masyarakat. Keyakinan kami semua adalah sama bahwa dengan membaca pengetahuan diraih dan dari sana kemudian dapat direfleksikan menjadi berbagai karya yang produktif, inovatif, dan progresif untuk memenangkan persaingan global.
Gerakan yang lahir dari komunitas anak muda ini mengetuk semua orang dari semua kalangan dan berbagai macam latar belakang untuk peduli dan memberikan sumbangsih kepada gerakan ini. informasi dapat diakses dari facebook (Rumah Baca Komunitas), tweeter (mabaca), dan blog Rumah Baca Komunitas (http://rumahbacakomunitas.blogspot.com/).

beberapa respon : 

Semoga terealisasi ya untuk menjadikan rumah baca sebagai sarana masyarakat Indonesia, dan yang terpenting adalah bagaimana kita bisa membentuk kesadaran masyarakat akan pentingnya membaca, oleh karena itu perlu diiringi dengan sosialisasi kreatif keseluruh lapisan masyarakat agar lebih minat dalam menggali ilmu, pengetahuan serta wawasan lewat media membaca. wallahu yusahhil

------------------------
Saya suka dengan idenya, karena dulu juga saya dan seorang tetangga punya rencana untuk membuka rumah baca. Ada penerbit yang memberikan bukunya dengan gratis, begitupun tetangga saya itu menyediakan rumahnya untuk rumah baca tersebut. Namun ada kendala yaitu minat baca yang kurang dikalangan anak-anak (karena target utamanya adalah anak-anak), dikarenakan mereka lebih suka bermain. Berhubung saya juga tidak fokus, jadi rumah baca itu tidak digencarkan. 
Ya mudah-mudahan mas Arif tidak mengalami apa yang saya alami. Dan kalopun menghadapi hal itu semoga bisa mengatasinya, jangan kayak saya yang pada akhirnya membiarkannya begitu saja. Hehe. Maaf malah jadi curhat :D
Semoga lewat gerakan ini bisa menjadikan masyarakat Indonesia lebih cerdas ^^

kutipan diperoleh dari  : http://www.komunitassuksesmulia.com/forum/topics/social-innovation-challenge-gerakan-satu-juta-rumah-baca-untuk

No comments:

Post a Comment

Tulisan Terbaru

Populer

Hamka For RBK

Hamka For RBK

Sjahrir For RBK

Sjahrir For RBK