Wednesday, July 11, 2012

The Decline of Bourgeoisie (By David Efendi)

Penulis       : David Efendi
Pengantar  : Achmad Charis Zubair
Penerbit     : Research Center for Politics and Government, Jurusan Politik dan Pemerintahan UGM
Cetakan     : 2009
Tebal          : xxvi+276 halaman

Pada awal dan pertengahan abad 20, Kotagede terkenal dengan keberadaan “Orang Kalang” yakni klas kaya di Kotagede. Pada perkembangannya, klas orang kaya tidak hanya terbatas di kalangan orang Kalang. Orang-orang yang berhasil menduduki klas ekonomi atas muncul dari berbagai latar belakang, terutama paska Indonesia merdeka dan akhir abad 20. Telah terjadi dinamika orang kaya dan peranan sosialnya di Kotagede, terutama menjelang pergantian milenium.

Buku karya David Efendi ini berusaha melacak keberadaan klas-klas kaya di Kotagede tersebut, sekaligus menyusuri jejak kemundurannya. Tulisan di dalam buku ini mencoba menguraikan apa yang terjadi dalam dinamika klas-klas kaya Kotagede merentang lebih dari dua abad, sejak Mataram Islam hingga paska kolonial atau kemerdekaan Indonesia. Bagi penulis, buku ini diharapkan memberi kontribusi atas perdebatan mengenai formasi elit, klas menengah atau yang penulis sebut sebagai borjuasi di kalangan kelompok pribumi Jawa, kelompok intelektual pada zaman-zaman berikut.

Buku ini merupakan pengembangan dari tulisan tugas akhir (skripsi) untuk mencapai gelar sarjana di jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Gadjah Mada (UGM). Kata pengantar buku ini ditulis oleh Achmad Charis Zubair, seorang akademisi Fakultas Filsafat UGM dan penduduk asli Kotagede. David Efendi, penulis buku, merupakan alumnus Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIPOL UGM tahun 2008. Ia banyak membuat artikel yang dimuat di berbagai media.

Sumvber : http://kotagedeculture.blogspot.com/2011/07/decline-of-bourgeoisie-david-efendi.html

No comments:

Post a Comment

Tulisan Terbaru

Populer

Hamka For RBK

Hamka For RBK

Sjahrir For RBK

Sjahrir For RBK