Wednesday, July 11, 2012

Mengapa Siswa Gagal?

Judul             : Mengapa Siswa Gagal
Penulis          : John Holt
Alih Bahasa  : Petrus Lakonawa
Penerbit        : Erlangga
Tahun             : 2010 
Karakteristik : 309 hlm
 
"siapa pun yang berhubungan dengan anak-anak dan peduli dengan anak-anak, buku ini sangat direkomendasikan", begitu komentar The New York Times. memang tidak berlebihan sepertinya jika pujian setinggi itu diberikan kepada John Holt yang berhasil menggiring nostalgia para guru kedalam alam para siswanya sendiri. 

Mengapa Siswa Gagal, karya Holt mengungkap kegagalan para guru selama proses pedagogik berlangsung. guru jarang menyadari kesulitan-kesulitan siswa yang sebenarnya, inilah kesalahan terbesar guru!. Holt menggugat mengapa setiap siswa harus disodorkan rentetan standar yang harus ia penuhi selama pengajaran berlangsung. akibatnya para guru pada akhirnya berada pada posisi dimana dia sendiri harus memastikan bahwa siswa "telah mengetahui apa yang harusnya diketahui". 

hal ini ternyata membawa dampak yang sangat luar biasa berbahaya didalam dunia pendidikan. misalkan guru jadi memaksakan metode pengajaran yang "telah gagal" pada percobaan pertama untuk terus digunakannya sepanjang waktu pada siswa. dalam kehidupan sehari-hari tidak jarang seorang siswa yang tidak mampu menghafalkan perkalian melalui metode "menghafal" dipaksa terus menerus melakukan hal yang sama padahal banyak cara lain untuk membuat siswa mudah "menghafal".

ada banyak kasus menarik yang terdapat dalam buku ini. bak sebuah diary, Holt menyajikan buku ini seperti catatan harian, lengkap dengan tanggal terjadinya peristiwa menarik disekitarnya. Holt yang juga adalah seorang guru menceritakan pengalaman-pengalamannya secara detail. interaksi Holt dengan siswanya telah membawanya pada observasi yang sangat bermanfaat dan telah menginspirasi banyak guru. buku ini telah terjual sebanyak 1.000.000 eksemplar.
 
~Fauzan Anwar Sandiah~

No comments:

Post a Comment

Tulisan Terbaru

Populer

Hamka For RBK

Hamka For RBK

Sjahrir For RBK

Sjahrir For RBK