Saturday, March 30, 2013

Membaca Sambil Berlari Bakal tak Pusing Lagi


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -Membaca sambil berlari bukan hal yang mudah dilakukan. Membayangkannya saja sudah pusing, apalagi melakukannya.

Jika terus dipaksakan, bukan tidak mungkin akan muntah. Untuk itu, sebuah inovasi dari warga New York, Amerika Serikat, diharapkan dapat menjadi solusi.

Bentuk perangkatnya mirip dengan bluetooth headset yang biasa digunakan pada ponsel pintar. Namun, meski bentuk dan tempat menggunakannya sama, fungsinya berbeda.

Alat ini lebih berupa sebuah perangkat penstabil yang memudahkan seseorang membaca sambil berolahraga, seperti berlari di atas mesin treadmill.

Alat yang diberi nama sesuai fungsinya, Run-n-Read, menggunakan sensor gerak dan pengendali kecil yang ditanamkan di dalam perangkat, untuk melakukan sinkronisasi antara gerakan kepala dengan tablet yang digunakan untuk membaca.
Perangkat akan melacak gerakan kepala, dan kemudian menyesuaikan teks di layar dengan cara memantul, naik atau turun, sesuai gerakan kepala.

Selain pada mesin treadmill, alat ini juga bisa digunakan pada banyak mesin kardiovaskular seperti elliptical trainer, stepmill, StairMaster, dan sepeda statis.

Run-n-Read merupakan satu dari ratusan karya yang ikut serta dalam kontes New York's Next Top Maker. Kontes ini bertujuan untuk mengumpulkan, sekaligus melombakan, ide-ide produk dari perancang atau teknisi lokal yang membutuhkan bantuan para profesional, seperti membuat rancangan tiga dimensi agar mudah diproduksi.

Jika terpilih sebagai satu dari enam finalis (yang dihitung berdasarkan perolehan suara), maka pembuat alat ini, Aditya Bansal, akan berpartisipasi dalam fase Studio, yang akan membantunya membuat bentuk nyata alat tersebut.

___________________________________
Sumber : http://www.tribunnews.com/2013/03/07/membaca-sambil-berlari-bakal-tak-pusing-lagi

No comments:

Post a Comment

Tulisan Terbaru

Populer

Hamka For RBK

Hamka For RBK

Sjahrir For RBK

Sjahrir For RBK