Thursday, March 21, 2013

Membaca Tak Cuma Meluaskan Wawasan


KOMPAS.com - Dalam dunia modern, kehidupan kita sehari-hari dipenuhi oleh beragam kegiatan. Membaca adalah salah satu aktivitas yang kita alami, apakah itu untuk rekreasi dan hiburan, atau sebagai suatu keharusan untuk studi dan penelitian. Di luar itu, membaca juga memiliki manfaat hebat bagi kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan:

Meningkatkan “mood” 
Membaca secara rutin dari pilihan bacaan yang berbeda dapat meningkatkan suasana hati dan perilaku Anda. Terserah apa yang Anda pilih, entah itu novel, bahan kuliah, bahan pelatihan, buku-buku motivasi, majalah, atau surat kabar. Emosi yang Anda rasakan ketika merasa senang dengan apa yang Anda baca memengaruhi suasana hati, perilaku, dan pandangan dalam hidup. Ketika perhatian Anda akan terfokus pada bahan bacaan, otak jadi jauh dari stres, dan menjadi rileks.

Membaca, meski hanya beberapa menit, juga dapat merangsang imajinasi. Selain itu juga memotivasi dan menantang Anda dalam memperbaiki diri. Luangkan waktu untuk membaca materi yang menarik perhatian Anda, dan lihat bagaimana kelanjutannya baik dalam meningkatkan suasana hati maupun perilaku Anda.

Latihan buat otak
Mulailah rajin membaca setiap hari, sama halnya dengan memulai kebiasaan olahraga. Tak perlu lama-lama, waktunya Anda yang sesuaikan. Kecepatan membaca pun Anda sesuaikan sendiri, yang penting Anda menyediakan waktu bagi otak untuk berpikir dan memahami hal yang dibaca. Sesi membaca rutin akan mendorong kreativitas Anda. Potongan sastra yang berbeda, atau berita-berita yang Anda baca dari penjuru dunia dapat membuat pikiran mengembara untuk mengeksplorasi cerita.

Membaca rutin juga dapat  melatih ketajaman memori Anda, dan membantu mencegah penyakit Alzheimer. Latihan otak secara terus-menerus akan merangsang saraf-saraf untuk melakukan koneksi dan membantu pertumbuhan sel-sel saraf yang baru. Hal ini akan menjaga "mesin berpikir" Anda terawat dengan baik untuk menghadapi tantangan hidup sehari-hari.

Meningkatkan keterampilan komunikasi 
Saat Anda menikmati novel, majalah, atau artikel online, otak Anda terus memproses informasi yang berbeda. Membaca kata-kata dan frase yang baru akan meningkatkan kemampuan berbahasa Anda, memberikan wawasan baru mengenai budaya di tempat-tempat lain, mampu menerima perbedaan, dan meningkatkan kemampuan Anda dalam  berkomunikasi. Selain itu cara Anda berkomunikasi dapat lebih mudah dipahami orang lain.

Memberdayakan diri
Informasi yang Anda dapatkan melalui bahan bacaan yang berbeda memberikan rangsangan pada pengetahuan Anda. Ketika Anda membaca mengenai tokoh-tokoh inspiratif, hal itu akan meningkatkan keinginan Anda untuk memberdayakan diri. Pengetahuan tambahan juga dapat membantu Anda membangun dasar untuk tindakan-tindakan Anda, memberikan kemampuan untuk mengambil keputusan lebih baik. Membaca juga mendorong Anda untuk berbagi pengetahuan yang mungkin bermanfaat bagi teman-teman dan keluarga. Anda senang ketika mengetahui sesuatu dan memberitahukannya pada orang lain, kan?

Meningkatkan “bonding” keluarga
Berbagi cerita pengantar tidur untuk anak sama dengan membaca untuk diri sendiri, lho! Anda jadi teringat dengan pengetahuan populer yang sudah Anda lupakan karena dulu Anda dapatkan ketika masih duduk di bangku SD. Jangan malas membacakan buku cerita pada anak, karena pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan anak bisa membuat Anda tertawa sekaligus menstimulasi otak untuk mencari jawaban yang mudah dia mengerti. Hasilnya, otak Anda pun menjadi terasah. Sedangkan kebersamaan Anda bisa memperkuat hubungan emosional dengan anak.

Dunia saat ini menawarkan kita berbagai bentuk hiburan seperti tayangan televisi, film, hingga internet. Namun, upayakan agar membaca masih dan akan selalu menjadi bagian dari kehidupan kita. Luangkan waktu untuk membaca, meski hanya beberapa menit, dengan mempertimbangkan manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan. Anda tak akan sadar betapa banyak kemajuan yang Anda miliki setelah rutin membaca.

_____________________________
this article has taken at : http://female.kompas.com/read/2013/01/18/15082183/Membaca.Tak.Cuma.Meluaskan.Wawasan.

No comments:

Post a Comment

Tulisan Terbaru

Populer

Hamka For RBK

Hamka For RBK

Sjahrir For RBK

Sjahrir For RBK