Tuesday, September 25, 2012

Pendidikan Berbasis Masyarakat


Resensi
Oleh : Fida Afif
Pegiat Rumah Baca Komunitas

Judul : Pendidikan Berbasis Masyarakat, Upaya Menawarkan Solusi terhadap Berbagai Problem Sosial.
Penulis : Dr. Zubaedi M.Ag., M.Pd.
Penerbit : Pustaka Pelajar
Tebal : xiii + 215 halaman
ISBN : 979 – 3721 – 71 – 5

Permasalahan sosial di Indonesia yang tak kunjung habis terlebih masalah dalam garis kemiskinan dan kemerosotan moral, mengetuk jiwa para intelektual untuk tergugah bagaimana semestinya agar kondisi seperti itu dapat segera diselesaikan.

Masyarakat idaman, yaitu Indonesia yang terbebas dari krisis moral dan peradaban menjadikan tanggungjawab bagi para intelektualnya terutama pelajar dan mahasiswa.Akan tetapi budaya leluhur Bangsa Indonesia yang identik dengan keramahan, tenggangrasa, kesopanan, rendah hati, suka menolong dan memiliki solidaritas sosial yang tinggi seakan mulai terkikis.

Karakter seperti itulah yang menjadi idaman bangsa.Harapan masyarakat tentunya berada di pundak para manusia Indonesia sendiri, terlebih bagi pemudanya, para pelajar dan mahasiswa. Ungkapan sekolah adalah cermin masyarakat seyogyanya benar-benar mewarnai proses pendidikan yang sedang berlangsung.

Sebagai bentuk konsekuennya lembaga pendidikan seperti sekolah dan perguruan tinggi mampu berperan aktif memecahkan problem sosial yang ada.Ironisnya, pelajar dan mahasiswa yang seharusnya menjadi tumpuan perubahan sosial jurtru terjerumus dalam bagian dari permasalahan sosial. Kita tidak asing dengan istilah pengguna narkoba dari kalangan pelajar, tawuran pelajar, seks bebas dan sebagainya.

Pelajar dan mahasiswa harus segera keluar dari lingkaran problem sosial seperti itu, dalam arti bukan menjadi bagian dari problem tapi bagian dari penyelesai problem.Dalam buku ini Pak Zubaedi menawarkan solusi dari berbagai problem sosial yang terjadi di kalangan pelajar dan mahasiswa. Ia juga mengimplementasikan konsep pendidikan berbasis masyarakat dengan wujud model ala pesantren dan pendidikan kader sebagai salah satu model pendidikan kemasyarakatan.

Pelajar dan mahasiswa adalah orang yang paling bertanggungjawab mengatasi probem sosial bangsa sebab melalui tangan merekalah – orang-orang terdidik – bangsa ini memiliki impian besar menjadi bangsa yang lebih beradab tanpa menghilangkan warisan budaya Tanah Air.

No comments:

Post a Comment

Tulisan Terbaru

Populer

Hamka For RBK

Hamka For RBK

Sjahrir For RBK

Sjahrir For RBK