Monday, June 29, 2015

Pemanfaatan Sumber daya air

Oleh: Agam Primadi 
The United Nations Conference for Environment and Development (UNCED) telah menetapkan tanggal 22 maret sebagai Hari Air Dunia. Peringatan ini menegaskan kepada seluruh masyarakat Internasional akan pentingnya air bagi kehidupan manusia. Salah satu cara untuk menyelamatkan bumi adalah dengan cara pemanfaatan air dan sumber daya air dengan sebaik mungkin. Mengapa air ? karena air adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sebagai manusia, tubuh kita mengandung 70 persen unsur air. Ini berarti manusia menjadikan air sebagai kebutuhan pokok untuk keberlangsungan hidup sehari - hari.
Bijak dalam pemanfaatan air
Saat ini dunia sedang terjadi krisis air yang bersifat akut, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, pertumbuhan populasi dan industri. Secara umum krisis tersebut terjadi karena cara pandang dan perilaku manusia sendiri. Manusia cenderung menganggap bahwa air adalah objek yang dapat dieksploitasi.
Beberapa provinsi di Indonesia sekarang juga sedang mengalami krisis kelangkaan air. sementara beberapa propinsi lainnya masih dalam status potensial sumber daya air. Penyebab dari kelangkaan tersebut bisa dilihat dari letak geografis yang tidak menguntungkan, misalnya di daratan tinggi seperti perbukitan dan pengunungan atau pemanfaatan air yang secara berlebihan. Hak penguasaan dan pemanfaatan sumber daya air juga telah dituangkan dalam Pasal 33 Undang-Undang dasar 1945. Semua mahluk hidup di alam ini pada dasarnya mempunyai hak yang sama untuk memanfaatkan air, dengan demikian tidak adanya pembatasan dalam penggunaan sumber daya air.  (*) Selengkapnya Baca Bangka Pos Edisi Cetak, Sabtu (22/3/2014); sumber : http://bangka.tribunnews.com/2014/03/22/pemanfaatan-sumber-daya-air

No comments:

Post a Comment

Tulisan Terbaru

Populer

Hamka For RBK

Hamka For RBK

Sjahrir For RBK

Sjahrir For RBK