Tuesday, May 3, 2016

Malam Mbah Junaidi; Mengenang Seni Dagelan Matraman #ApsasEdisiMei2016

Apresiasi Seni dan Sastra
Rumah Baca Komunitas

Arya Dwiyoga Poster's

Seni pertunjukan semacam dagelan (slapstick) merupakan bagian dari proses manifestasi budaya bagi manusia. Dagelan dengan demikian merupakan bentuk estetis dari kehidupan individual, sosial, sekaligus menyangkut kebahagiaan manusia yang direpresentasikan lewat sekian cuplikan kronik hidup keseharian. Junaidi, merupakan salah-satu tokoh dagelan matraman yang cukup penting untuk dikenang sebagai sebuah kejayaan di mana kewarasan dan humor merupakan kolaborasi unik dari realitas sosial yang kadang menimbulkan rasa jengah untuk diabaikan.

Rumah Baca Komunitas merayakan empat tahun sungai kehidupannya, dan mungkin secara tak kebetulan melihat sisi peninggalan Junaidi di Kalibedog. Di rumah peninggalannya di desa Sidorejo, sejak tahun 2014 RBK memulai kesan baru sebagai komunitas.

Dalam rangka memaknai dua konteks tersebut, Apresiasi Seni dan Sastra (Apsas) edisi Mei mengangkat tema "Malam Mbah Junaidi; Mengenang Seni Dagelan Matraman" yang akan diselenggarakan pada Rabu, 4 Mei 2016 di tanah warga Kalibedog (utara kantor RBK) pukul 19.00-22.00 Wib.

Demikian, salam apresiatif. Mari memupuk rasa berpihak demi kemanusiaan yang lebih berenergi.

ttd.
Sakir, S.IP, M.IP

Dir. Rumah Baca Komunitas

2 comments:

  1. Semoga acaranya lancar dan berkah, salam dari ane di blog rumah murah. Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. ndengerin dagelannya jadi kangen.....

    ReplyDelete

Tulisan Terbaru

Populer

Hamka For RBK

Hamka For RBK

Sjahrir For RBK

Sjahrir For RBK