Monday, April 8, 2013

PP IPM : RBK adalah Gerakan Solutif!


(RBK News, 08/04/2013) Tahun 2002, Presiden Meksiko, Vicente Fox, mengatakan “buku-buku di perpustakaan hanya menunggu debu.” Membaca adalah salah-satu kemampuan yang menjadi indikator keberhasilan pembangunan manusia di Dunia. melek huruf membantu masyarakat untuk menyadari perkembangan lokal hingga global.

Indonesia sebagai Negara yang akan menyambut jalinan kerja sama internasional selalu dilihat dan diatasi dengan pemberdayaan gerakan ekonomi. solusi ini tentu tidak akan terlalu baik bagi perkembangan manusia Indonesia. Dibutuhkan satu space bagi gerakan literasi untuk menyelamatkan wawasan intelektual kaum papah daripada sekedar menjadikan manusia indonesia sebagai objek dari kebijakan internasional.

Dukungan pemerintah tahun 2012 yang secara simbolik melalui gerakan membaca 10 menit sebenarnya sudah cukup baik. Akan tetapi perjuangan literasi tidak dapat berhenti disitu karena tetap dibutuhkan dukungan dari setiap unsur masyarakat yang berfungsi untuk menopang spirit gerakan membaca, termasuk didalamnya gerakan-gerakan yang memiliki ikatan spirit membaca seperti IPM.  

Kunjungan Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM )pada 8 April 2013 di kantor Rumah Baca Komunitas (RBK) memberikan warna tersendiri. Organisasi yang berbasis pelajar tersebut memang dalam beberapa dasawarsa sempat menggelorakan budaya membaca melalui gerakan Iqro.

Imam Ahmad Amin AR, Ketua PP IPM mengatakan “RBK sangat baik untuk membangkitkan budaya membaca di kalangan pelajar.  remaja atau kaum muda pada umumnya memiliki energi yang perlu diakomodir.”

“RBK sebenarnya adalah gerakan solutif bagi penyelesaian masalah kaum muda yang selama ini selalu berbau anarkisme.”

“RBK adalah bukti eksistensi simbolik Kota Jogja sebagai Kota Buku”

“dengan begini Rbk perlu membuat program membaca secara inovatif, membumi dan inklusif.” Tutupnya.

Ketua Umum PP IPM, Fida Afif yang juga turut mengunjungi RBK berharap semoga RBK dapat terus berkontribusi bagi masyarkat luas.

No comments:

Post a Comment

Tulisan Terbaru

Populer

Hamka For RBK

Hamka For RBK

Sjahrir For RBK

Sjahrir For RBK