Monday, April 22, 2013

RBK : Fokus kami kaum 'marginal'


(RBK News, 22/04/2013) 8 maret yang lalu Rumah Baca Komunitas (RBK) berpindah kantor di Jl Parangritis. Setelah itu RBK banyak melakukan perubahan dalam strategi gerakan. 

Perubahan tersebut membawa RBK pada komitmen yang baru. Strategi yang lebih efektif dan efisien mutlak harus disosialisasikan.

21 April 2013, RBK Re-Launching program hibah buku dengan tema “Membangun Semangat Berbagi Melalui Gerakan Komunitas untuk Semua sehingga terwujudnya: Habis gelap terbitlah terang”.  Launching RBK mengangkat fokus hibah bagi kaum marginal.

Acara launching RBK turut mengundang “Solidaritas Perempuan Yogya”, “PKBI DIY”, “Ibukudotcom”, “Mantra Merah Putih” dan sejumlah organisasi Pemuda dan Pelajar serta komunitas marginal.

“komunitas marginal perlu mendapatkan hak mereka. Gerakan advokatif literasi bagi kaum marginal tidak begitu banyak digarap oleh berbagai pihak karena banyak alasan yang super sensitif. RBK tentu berfokus pada mereka sebagai bentuk kesadaran kita bahwa tidak harus selalu gerakan membaca diperuntukkan bagi anak-anak”. Ujar Direktur RBK, Ahmad Sarkawi.

Menurut Sarkawi hibah buku bagi kelompok marginal murni sebagai bagian dari rencana strategi (renstra) RBK.

“dan launching menjadi penjelas betapa kami (RBK) hanya bertindak sebagai gerakan advokatif literasi, bukan yang lain, karena membaca adalah hak siapa saja.” 

No comments:

Post a Comment

Tulisan Terbaru

Populer

Hamka For RBK

Hamka For RBK

Sjahrir For RBK

Sjahrir For RBK