Thursday, April 4, 2013

Yessy Gusman: Gali Harta Karun Lewat Taman Bacaan

PALU, KOMPAS.com--Duta baca Indonesia Yessy Gusman mengatakan taman baca tidak sekadar tempat untuk membaca tetapi juga tempat pengembangan kreativitas dan menggali harta karun.

Mantan aktris itu hadir di Palu, Senin dalam rangkaian hari ulang tahun Sulawesi Tengah ke 49 dengan kegiatan talk show membaca, lomba minat baca, pameran perpustakaan dan kampanye Sulawesi Tengah membaca.

Yessy hadir sebagai salah seorang pembicara di panggung terbuka di perpustakaan daerah Sulawesi Tengah tampil dengan kerudung dan busana merah dipadu hitam.

Sebelum membawakan materi, Yessy membacakan sebuah puisi berjudul Membaca. Puisi itu terinspirasi dari taman bacaan anak-anak di Jakarta.

Yessy memotivasi kepada undangan yang hadir agar senantiasa mendukung berdirinya taman bacaan dan menumbuhkembangkan minat baca khususnya yang ada dikomunitas masyarakat.

Ia mengatakan, Sulawesi Tengah yang masih memiliki lahan yang luas dapat menyisihkan sebagian waktu dan materinya untuk membangun taman bacaan.

"Tanah di sini (Kota Palu) masih luas, tidak seperti di Jakarta, sehingga kami di sana membangun taman bacaan di tempat yang sempit," katanya.

Sementara itu Deputi Sumber Daya Perpustakaan pada Perpustakaan Nasional Bambang Supriyanto mengatakan untuk mendorong lahirnya budaya baca dan bahan bacaan di kalangan generasi muda tidak saja menjadi tugas dari perpustakaan. "Perpustakaan tidak mungkin bisa berdiri sendiri," katanya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk membangun kebiasaan membaca lewat jalur keluarga, satuan pendidikan formal, masyarakat dan jalur komunitas perbukuan.

Bambang mengatakan untuk memperkaya bacaan cerita lokal dan menangkis banyaknya sumber bacaan tentang cerita dari luar negeri dirinya juga mengajak kepada komunitas penulis untuk mengemas cerita rakyat dengan gaya modern.

"Akan-anak sekarang dinamis, selalu ingin yang baru. Kalau tidak dikemas, nanti anak-anak kembali ke sumber-sumber bacaan asing," katanya.

Lomba minat baca, pameran perpustakaan dan kampanye Sulawesi Tengah membaca tersebut akan berlangsung hingga puncak peringatan hari ulang tahun provinsi ke - 49, 13 April 2013.
_________________________________

No comments:

Post a Comment

Tulisan Terbaru

Populer

Hamka For RBK

Hamka For RBK

Sjahrir For RBK

Sjahrir For RBK