Sunday, October 28, 2012

Buku Recomended minggu ini (buku yang memberdayakan)


1. SEKOLAH PARA JUARA : MENERAPKAN MULTIPLE INTELLIGENCES DI DUNIA PENDIDIKAN

Judul asli buku ini adalah Multiple Intelligences in the Classroom-2nd edition karya Thomas Armstrong.
Di Indonesia buku ini diterjemahkan oleh Yudhi Murtanto, disunting oleh Rina S. Marzuki, dan diterbitkan oleh Penerbit Kaifa Bandung.

--------
Pada bagian depan, Hernowo memberikan pengantar yang diawali dengan cerita mengenai kegagalan pendidikan yang berasal dari dunia binatang. Para binatang gagal memiliki prestasi yang diharapkan karena dipaksa melakukan sesuatu hal-hal yang tidak menghargai sifat alami mereka.
Teori Kecerdasan Majemuk (KM) yang ditemukan oleh Howard Gardner, menjadi "alat" yang ampuh bagi Armstrong untuk menimbulkan paradigma baru berkaitan dengan sekolah.
Pertama, dahulu sekolah (baca guru) membedakan siswanya menjadi dua kelompok, yaitu siswa pandai dan bodoh. Menurut teori Kecerdasan Majemuk (KM) tidak ada siswa yang bodoh.
Kedua, dahulu suasana kelas cenderung monoton dan membosankan. Dengan delapan cara mengajar yang bertumpu pada delapan jenis kecerdasan, pembelajaran lebih variatif (menggairahkan dan menyenangkan).
Ketiga, dahulu, seorang guru mungkin kesulitan membangkitkan minat dan gairah murid-muridnya. Dengan Kecerdasan Majemuk, masalah tersebut dapat diatasi dengan cepat.

Hernowo juga mencontohkan salah satu sekolah yang sudah menerapkan teori Kecerdasaran Majemuk (KM), yaitu SMU (Plus) Muthahhari, Bandung yang didirikan oleh Jalaluddin Rakhmat. Kurikulum yang dikembangkan di SMU Muthahhari, selain diarahkan agar siswa menguasai beberapa kompetensi, juga ditujukan agar para siswa mampu meningkatkan harga dirinya dengan meraih berbagai prestasi.
Pada bagian akhir, Hernowo menunjukkan pentingnya teori Kecerdasan Majemuk (KM) dalam menyukseskan kurikulum di Indonesia dengan KBK-nya.

Buku Multiple Intelligences in the Classroom-2nd edition, juga diberi pengantar langsung oleh Howard Gardner yang memberikan apresiasi yang tinggi dengan tulisan Armstrong yang akurat, jelas, referensi luas, dan cara penyampaian yang sesuai untuk para pendidik.

Buku ini terdiri dari 14 Bab, yaitu :
Bab 1 Dasar-Dasar Teori Kecerdasan Majemuk
Bab 2 KM dan Perkembangan Kepribadian
Bab 3 Menilai Kecerdasan Majemuk Siswa
Bab 4 Mengajarkan KM kepada Siswa
Bab 5 KM dan Pengembangan Kurikulum
Bab 6 KM dan Strategi Pengajaran
Bab 7 KM dan Lingkungan Kelas
Bab 8 KM dan Manajemen Kelas
Bab 9 Sekolah KM
Bab 10 KM dan Penilaian
Bab 11 KM dan Pendidikan Khusus
Bab 12 KM dan Kemampuan Kognitif
Bab 13 Beberapa Penerapan Teori KM yang lain
Bab 14 KM dan Kecerdasan Eksistensial

Singkatnya melalui buku ini, teori KM Howard Gardner menjadi sangat praktis untuk diterapkan para pendidik di sekolahnya.

2. JALAN PINTAS MENJADI 7 KALI LEBIH CERDAS
Jalan Pintas Menjadi 7 Kali Lebih Cerdas. Buku terbitan kaifa bandung ini merupakan gudang informasi bagi para orangtua dan guru untuk mengarahkan anak-anak pada berbagai kegiatan yang menyenangkan sekaligus mengasah ketujuh kecerdasan dasar mereka. Setiap kegiatan ditandai dengan simbol khusus, yang menunjukkan jenis kecerdasan yang akan dirangsang melalui kegiatan tersebut.

Dengan buku ini, Anda dapat mengasah kecerdasan:

- logis/matematis

- intrapersonal

- interpersonal

- bahasa

- musik

- kinestetis

- visual/spasial

pada anak Anda.

Buku ini juga dilengkapi dengan contoh 50 jenis permainan yang kreatif dan konstruktif untuk dimainkan oleh anak-anak, baik sendiri maupun berkelompok, diawasi ataupun tidak.

''Buku ini menawarkan pendekatan praktis bagi orangtua, dengan menunjukkan kepada anak-anak mereka pengalaman belajar aktif dan menarik yang akan memicu tumbuhnya rasa ingin tahu yang lebih besar dalam diri anak-anak, mengembangkan kreativitas, sekaligus memberi anak-anak rasa percaya diri dalam menanggulangi permasalahan hidup di dunia yang sangat kompleks ini.''Daniel J., M.D.,

Associate Clinical Professor of Psychiatry, UCLA School of Medicine, Director of the Center for Human Development, Los Angeles

Laurel Schmidt menjadi pendidik selama lebih dari 30 tahun dan menjadi orangtua selama lebih dari 20 tahun. Sebelum ini, dia bekerja sebagai guru dan kepala sekolah. Setelah itu, dia menjadi Administrator Layanan Siswa di Santa Monica, California, dan adjunct professor di Universitas Antioch.

No comments:

Post a Comment

Tulisan Terbaru

Populer

Hamka For RBK

Hamka For RBK

Sjahrir For RBK

Sjahrir For RBK