Monday, May 11, 2015

ROTS: "Ikhlas berbagi"


Catatan  oleh Agam Primadi, Pegiat RBK

Tadi pagi (10/5). Ya,,, waktu itu nampaknya memang ingin disebut pagi. Sekumpulan orang yang tergabung dalam sebuah komunitas bernama RBK sedang mempersiapkan seluruh perlengkapan perpustakaan jalanan yang digelar di  alun alun kidul, Jogjakarta. 

Setelah semua perlengkapan dipersiapkan, berangkatlah para pegiat Rumah Baca Komunitas yang dikomando oleh Sakir menuju alun alun kidul. Sesampainya disana beberapa orang tadi langsung menggelar tikar, memasang spanduk perpustakaan jalanan, serta menyusun buku buku untuk segera dihidangkan kepada semua orang yang berada di alun alun kidul saat itu. 

Pukul 07.30, perpustakaan jalanan resmi dibuka. Tak lama kemudian satu persatu orang berdatangan menghampiri lapak baca. Ada yang bersama keluarga, istri, pacar, teman. Kegiatan perpustakaan jalanan ini seperti biasa rutin diadakan setiap minggu pagi yang dimulai dari pukul 07.00 hingga 11.30 siang. Pagi ini juga sama dengan hari minggu biasanya, buku yang dihidangkan juga bervariatif, mulai dari novel, komik, seni, sampai buku-buku politik pun ada. Itu sebabnya, bagi sebagaian pengunjung perpustakan jalanan RBK menjadi salah satu tempat nongkrong yang nyaman untuk bersantai sembari menghirup udara pagi Kota Jogjakarta. 

Tidak hanya menjajakan buku, komunitas ini juga menerima jikalau ada yang ingin mengikhlaskan bukunya untuk diasuh oleh Rumah Baca Komunitas. Seperti halnya pagi ini Rumah Baca Komunitas menerima sedikitnya 8 buku yang dihibahkan oleh ibu Tri, dan bapak Totok. Pak Totok dan Bu Tri adalah orang yang sering pergi kelapak baca perpustakan jalanan bersama keluarganya untuk sekedar meluangkan waktu pagi dengan membaca. Selain membaca, beliau juga sering mengikhlaskan bukunya untuk dititipkan di Rumah Baca. Senyum manis terpancar diwajah beberapa pegiat ketika menerima hibah buku tersebut. 

No comments:

Post a Comment

Tulisan Terbaru

Populer

Hamka For RBK

Hamka For RBK

Sjahrir For RBK

Sjahrir For RBK