Tuesday, May 5, 2015

Dukungan untuk 9 Kartini Rembang

Awal April 2015 telah beredar surat 9 Kartini rembang yang ditujukan untuk Jokowi sebagai presiden Indonesia. Di Rumah Baca Komunitas beberapa hari sebelumnya juga telah mengadakan diskusi dan screening film Samin vs Semen di markas RBK. Namun, kami merasa perlu aksi nyata. 

surat 9 Kartini itu luar biasa menyentuh nurani kami. Demikian isinya:



Lumantar surat meniko kulo sak sedukur JM-PPK (Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng) Rembang dan Pati bade nyuwun wekdal Bapak Joko Widodo kangge ngrembak bab nasib petani lan keselametan pegunungan Kendeng. (Melalui surat ini kami bersaudara di JM-PPK (Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng)  dari Pati dan Rembang mau minta waktu Bapak Joko Widodo untuk membicarakan nasib petani dan keselamatan pegunungan kendeng.)
Kawulo sak sedulur ngertos sanget bileh bapak Joko Widodo sibuk sanget, tapi kulo pitados sanget bilih Bapak Joko Widodo mboten bade nglaleake sedulur tani. Pramilo kulo saksedulur badne nenggo teng istana Jakarta ngantos pak Joko Widodo wonten wekdal kangge nemoni kulo sak sedulur cekap semanten atur kulo mugio dados kawigatosan.  (Kami bersaudara mengetahui betul bahwa Bapak Joko Widodo sibuk sekali, tapi kami percaya sekali bahwa Bapak Joko Widodo tidak akan pernah melupakan sedulur tani. Maka dari itu kami mau menunggu di istana negara sampai Bapak Joko Widodo ada waktu buat menemui kami sak sedulur. Cukup sekian kata Kami, semoga mendapat perhatian.)
Matur nuwun. (Terima Kasih)
9 kartini Rembang-Pati (Sukinah, Sakijah, Murwati, Rusmi, Surani, Gunarti, Ngatemi, Giyem, Suyati)

Senin Kliwon, 6 Madilakir 2015


Tak berfikir panjang lebar. Pegiat RBK pun melayangkan surat dukungannya ke email gerakan 9 kartini. Bunyinya sebagaimana saya kopi paste di bawah ini:

Kepada 9 Kartini dan untuk semua yang peduli, 

Surat ini kusempatkan kutulis sebagai panggilan rasa kemanusiaan dan keadilan juga rasa prihatin pada negara yang terus menerus abai pada anak bangsa dan penghuni sah republik ini. Saya juga merasa negara ini telah menghinakan akal sehat dan kewarasan kita semua. Polisi dan tentara sering mempertontonkan kejahatan kepada orang orang biasa dan melindungu kepentinan kapitalis serakah. 

Kami dari sudut kampung di Bantul merasakan kepahitan hidup saudara di rembang dan pati juga blora, sedulur sikep. Kami di Rumahnya manusia meninton film dan mendiskusikan serta sebagian kami ikut aliansi mahasiswa untuk rembang. Kami ingin bangkit rasanya meninju penguasa tetapi kepalan kami di sini masih seperti meninju langit. Kekuatan ibu ibu 9 kartini memprovokasi kesadaran kami semua untuk terus menyuarakan yang bisu, melawan secara simbolik, dan terus mengurus mengutuk dan menghinakan penguasa yang dzalim denan doa doa kutukan lewat sastra dan tulisan. Setiap bangun tidur, kita meludah dengan keras sambil mengutuk ketidakwarasan pejabat negara. Kami akan berada dalam semangat ibu-ibu 9 Kartini. 

Kepada negara, kamu juga ingin bersuara. Bagi kami, apa pun yang dilakukan negara dengan menyakiti rakyat sendiri adalah sebuah kejahatan mahabesar terhadap kemanusiaan. 40 tahun ke depan bangsa ini akan terpuruk sehingga muncul generasi baru tanpa dosa sejarah. Apa yang negara lakukan hari ini hanya mempercepat kehancuran. Lebih baik negara pensiun saja mulai malam ini jika tak bisa memperbaiki keadaan. Yg bisa Kita bisa lakukan adalah untuk menahan diri dari kejahatan tangan negara sampai pada pengelola negara yang baru di 40 tahun yang akan datang. Dan penguasa hari ini tak mungkin bisa memperbaiki keadaan maka jangan mempercepat kerusakan. 9 kartini adalah manusia luar biasa kiriman masa depan untuk berpesab bahwa negara ini kekayaan alam ini bukan milik penguasa tetapi milik manusia yang akan datang. Hentikan pak Jokowi segala kebohongab atas nama pembangunan, ini hanya tipuan yang maha kejam

Salam perlawanan dari kami

Bantul, 10 April 2015
Pegiat literasi di Kalibedog

@mabacakomunitas
@rumahbacakomunitas

@kejarlahmimpi

No comments:

Post a Comment

Tulisan Terbaru

Populer

Hamka For RBK

Hamka For RBK

Sjahrir For RBK

Sjahrir For RBK