Tuesday, November 24, 2015

Salam Sunan Drajat untuk Sunan Kalibedog

Oleh: DE

Julukan asik yang dilahirkan dan dirawat di rumah baca komunitas oleh para pegiatnya. Asal muasalnya adalah dari praktik kesunyian yang dilakoni penghuninnya. Saya rasakan, beberapa anak muda RBK ini seperti menjalani pertapaan di awal periode RBK kalibedog. Rumah kontrakan besar, tapi Sepi dan sunyi. Cocok untuk olah kanoragan atau belajar ilmu hitam. Tapi sayang, bukan itu yang ditekuni para pemuda ini.

Dari sejumlah pegiatnya, Ada manusia yang dipanggil kurator RBK itu menekuni dunia buku sebagai pencarian pengetahuan dan kebijaksanaan. Sehari hari buku menjadi teman dan anak asuh. Dalam kesunyian dan dingin yang menyusup, que sera sera: manungguling ilmu pengetahuan lan gusti (sunan kalibedog).

Kembali ke julukan sunan kalibedog. Ada dua makna yang dapat dipahami dari penamaan tersebut. Pertama, upaya untuk membangun ingatan dan kesadaran bahwa bergiat di jalan sunyi gerakan literasi adalah perjuangan hikmah: bukan mencari penghargaan, pujian, dan materi. Hal ini juga menjadi prinsip, bahwa merawat kebaikan sebagai kekuatan spiritual yang jangka panjang. Merawat kebaikan itu penuh derita kadangkala, tapi secara spiritual itu sangat menguatkan mental.

Kedua, pelekatan bana ini sebgai upaya mempertautkan kedirian dengan kalibedog sebagai sungai kehidupan. Ini juga yang dapat memperkuat gerakan ekoliterasi untuk menjaga alam.

Dengan pemaknaan ini, tentu saja suatu pekerjaan besar untuk terus melakukan antisipasi dari dampak degradasi ekosistem yang makin parah. Semoga para sunan diberkahi dan rahayu selalu.
Salam dari lamongan

Bumi Sunan Derajat.

No comments:

Post a Comment

Tulisan Terbaru

Populer

Hamka For RBK

Hamka For RBK

Sjahrir For RBK

Sjahrir For RBK