Tuesday, November 24, 2015

Sisi Lain Perpustakaan Jalanan. (Catatan dan Foto ROTS)



Kemudahan mengakses bahan bacaan adalah hak setiap individu ! Foto ini saya ambil ketika ROTS (RBK on the street) minggu, 22 Nov 2015, bapak tersebut adalah pedagang es dawet yang meninggalkan lapak dan sembari menunggu pembeli, beliau menggunakan waktunya untuk membaca. Sedangkan gerobak dibelakangnya itu adalah gerobak cilok, nampak kosong dan tidak ditunggu pemiliknya, yang ternyata pemilik dari gerobak tersebut juga sedang membaca buku (sayangnya tidak kefoto) posisinya disamping bapak pedagang dawet tersebut.

Dalam hal ini menunjukkan bahwa, setiap individu mempunyai hak dan kesempatan yang sama untuk dapat menikmati ruang publik yang memanusiakan manusia. Sudah saatnya Pemerintah daerah berbenah dari segala pembangunan ekonomi yang gencar - gencarnya dilakukan dan cobalah memperhatikan hal - hal seperti ini, sisakan ruang untuk RTH (ruang terbuka hijau) ataupun taman yang nyaman sebagai sarana bersosialisasi masyarakat maupun tempat edukasi yang mudah diakses untuk 'setiap lapisan masyarakat'.

Disisi lain pengharapan terhadap pemerintah juga akan sedikit membuat kita sesak nafas dan menghela nafas panjang, untuk itu mari siapaun yang memiliki kelebihan dalam bidang keilmuan apapun tumbuhkanlah kesadaran jiwa volunteer dari diri kita untuk berbagi. Maka dalam tahap inilah kita berada pada posisi yang dinamakan revolusi harapan, revolusi semut; rovolusi harapan adalah melakukan hal baik ditengah kerusakan yang terjadi, meskipun itu kecil dampaknya, tetapi dia bergerak melawan kerusakan, seperti halnya semut, dia kecil tetapi bergerak, bahkan sering diremehkan, tetapi ternyata dia mampu mengangkat benda yang lebih besar dari ukuran tubuhnya dan terus berjalan.

(Arya Dwiyoga; Seyegan, 22 Nov 2015, 22.40 WIB)

No comments:

Post a Comment

Tulisan Terbaru

Populer

Hamka For RBK

Hamka For RBK

Sjahrir For RBK

Sjahrir For RBK