Sunday, September 6, 2015

Menulis Essay study objective dan Personal Statement



David Efendi,
Adalah alumni Ford Foundation scholarship dan sedang mencari beasiswa S3 di USA.

Jika berurusan dengan lamaran beasiswa ke Amerika dan juga kampus di sana. Selain proposal penelitian harus juga kita miliki, Essay study obyektif dan personal statemen merupakan dua kewajiban yang melekat di dalamnya. Artinya kita harus mempunyainya. Jika masih dalam pikiran harus segera dituangkan ke dalam kata-kata efektif tak lebih dari satu halaman. Jika terlampau panjang melebih satu halaman bisa dibaca ulang dan diedit, jika kesulitan ada baiknya minta direview teman yang punya pengalaman atau pengajar bahasa inggris. Jika mendapatkan reviewer yang pernah menulis essay tersbeut akan bagus apalagi dari teman yang berbahasa ingris sebagai bahasa ibunya, English speaking countries. Tapi tidak harus demikian pusingnya, mengedit dengan semaksimal mungkin juga sangat perlu karena yang tahu ‘soul’nya tulisan kita seringkali kita sendiri.

Masih sangat sering pelamar beasiswa kesulitan membedakan dua essay tersebut di atas. Selain itu, juga kadang ada future plan. Future plan ini sebenarnya lebih dekat dengan personal statement. Dalam dua essay teresbut terakhir ini sebenarnya itu adalah marketing jati diri kita dari mana asalnya, apa hal yang luar biasa capaian kita, inspirasi apa, bagaimana kita berada di tengah masyarakat dengan karakteristik tertentu, bagaimana kita melibatkan diri dan memotivasi diri untuk memajukan diri dan Komunitas, dan hal-hal lainnya yang terkait personality kita sebagai pelamar. Kekuatan dan potensi kita akan terlihat dari essay ini.

Ada pun study obyektif lebih pada bagaimana kita akan membangun keahlian tertentu dalam bidang yang sedang kita geluti. Ini tidak an sich soal linearitas, tetapi pekerjaan yang sedang ditekuni juga sangat penting untuk membangun fondasi study obyektif. Track record penelitian, forum ilmiah, forum masyarakat, yang mampu mengarah pada target ilmu apa yang akan didalami untuk melanjutkan jenjang sekolah di Amerika, misalnya. Jadi, perlu clear lebih awal karena pemberi beasiswa sangat paham betapa banyak di kampus disipilin ilmu yang beragam laiknya rimba belantara ilmu pengetahuan. Waktu sekolah kita tidak lama sehingga mereka butuh kita state apa yang mau dipelajari, mengapa, dengan cara apa, dan setelah itu semua tercapai dengan memboyong gelar akademik, so what? Mau ngapain? Mau memberikan warna apa bagi perubahan sosial, pembaharuan sosial, penyelamatan masa depan Komunitas, dan bagaimana semua itu dapat direalisasikan? Itu setidkanya hal yang tak boleh luput dari penulis essay.


Essay Study Objective

Ketentuan tekhnis: maksimal 1 halaman A4, sekitar 500 kata, diketik dengan spasi satu, dan ukuran font 11 atau 12. Berikut ini saran untuk anda terkait. Padat jelas dan tepat. Pilihan kata pun harus sesuai dengan penggunaannya. Silakan sesuaikan dengan kamus apa peruntukan katanya. Hindari kata yang monoton.
       Dalam Study Objective wajib memperhatikan untuk:

Cantumkan deskripsi secara jelas dan tepat dari bidang studi yang akan anda ambil dan alasan anda secara akademik mengambil bidang studi tersebut. Jelaskan secara spesifik jurusan dan spesialisasi dalam bidang studi.  Jelaskan keterkaitan bidang studi anda tersebut dengan latar belakang pendidikan anda atau pengalaman atau pelatihan profesional yang pernah anda miliki di bidang tersebut serta terkait dengan rencana anda di masa depan dengan  untuk menerapkan bidang studi tersebut di karir anda. Catatan: (1) Essay ini merupakan bagian penting untuk aplikasi anda; (2) tidak diperkenankan menyebutkan nama universitas di Amerika yang ingin anda tuju.
Essay Personal Statement
Ketentuan tekhnis: panjang maksimal 1 halaman A4,sekitar 500 kata, diketik dengan spasi satu, dan ukuran font 11 atau 12. Artinya kita harus benar-benar menggunakan kalimat efektif dan tidak lebay. Padat jelas dan tepat. Pilihan kata pun harus sesuai dengan penggunaannya. Silakan sesuaikan dengan kamus apa peruntukan katanya. Hindari kata yang monoton.

Berikut ini saran untuk anda terkait Personal Statement:

Jelaskan mengenai  diri anda secara detail dalam mencapai tujuan anda untuk menempuh pendidikan di Amerika sesuai bidang studi yang akan anda ambil. Faktor yang anda deskripsikan dapat berupa pendidikan, pengalaman kerja, ketertarikan di bidang tertentu yang berhubungan dengan studi dan rencana masa depan terutama karir anda.  Harap perhatikan untuk tidak mengulang informasi yang ada di dalam resume/CV atau aplikasi anda karena essay ini lebih menjelaskan secara naratif kesinambungan antara motivasi anda untuk studi di Amerika dengan latar belakang yang menunjang studi anda dan tujuan anda di masa depan. Berbeda dengan Study Objective yang lebih menekankan alasan akademik dan fokus studi yang aka nanda ambil, Personal Statement memberikan kesempatan anda untuk menjelaskan motivasi dan potensi anda secara pribadi yang dapat menunjang kesuksesan pendidikan anda nanti.  Ingat dalam menuliskannya, tidak diperkenankan menyebutkan nama universitas di Amerika yang ingin anda tuju.
Demikian, beberapa sharing dari saya semoga ada manfaatnya. Saya tidak mengganasi apa pun persoalan ini namun saya juga ingin mengajak pembaca untuk pantang menyerah dengan keterbatasan dan yakin akan kelebihan kita untuk memperkuat potensi yangada dalam diri kita. Semangat mengejar mimpi. Jadi ingat kata-kata dalam film ‘cita-citaku setinggih tanah’ seorang kakek tua berpesan pada cucunya perihal bagaimana rencana hari depan itu diperlakukan. “Cita-cita bukan untuk dikatakan, tetapi untuk diperjuangkan.” Ungkapnya. Dan ini merupakan kebenaran yang layak diterima bagi para pencari beasiswa. Selamat mencoba. Selamat berbagi kisah petualangan hidup.
NB: catatan ini diramu dari sumber-sumber yang tersedia dari Fulbright baik dalam bentuk video pendek di youtube maupun buku panduan serta guidance lain yang disediakan oleh Fulbright dan aminef. Penulsi mencoba membahasakan sesuai apa yang penulis pahami selama ini. Hanya berharap sharing ini bermanfaar untuk kita semua.

No comments:

Post a Comment

Tulisan Terbaru

Populer

Hamka For RBK

Hamka For RBK

Sjahrir For RBK

Sjahrir For RBK