Monday, September 7, 2015

Sekolah Literasi: Pembangunan Visi Negara Berkemajuan

Oleh: Hanapi
Mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMY dan Pegiat Rumah Baca Komunitas.

“Buku adalah teman bicara yang tidak mendahuluimu ketika engkau sedang sibuk, tidak akan memanggilmu ketika engkau sedang bekerja dan tidak memaksakanmu untuk berdandan untuknya. Buku adalah teman duduk yang tidak menyanjungmu, sahabat yang tidak membujukmu, kawan yang tidak membosankanmu dan penasehat yang tidak mencari kesalahanmu”(Ahmad bin Ismail).


Literasi adalah isu-isu yang selalu dibicarakan akhir ini dengan berbagai presfektif yang dikemukakan baik oleh para kalangan akademisi, mahasiswa bahkan tingkat lapisan elit bangsa ini, literasi menjadi sebuah kekuatan yang akhir ini menunjukkan eksistensinya sebagai kekuatan masyarakat yang maju untuk membangun budaya bangsa yang lemah dalam budaya membaca meskipun budaya membaca sudah mulai pesat di kota-kota besar.

kota Yogyakarta yang dinamakan kota pendidikan ini selalu memiliki kekhasannnya dalam bidang keilmuan dan budayanya, budaya literasi di indonesia masih cukup lemah karena tidak meratanya akses terhadap dunia keilmuwan yang disediakan oleh pemerintah. Gerakan literasi yang muncul ini seperti Rumah Baca Komunitas. Gerakan literasi di Indonesia merupakan respon terhadap lemahnya peran Negara dalam memberikan akses terhadap buku, kalau selama ini Negara hanya menyediakan bacaan yang belum mampu memberikan pencerahan pada lapisan ditingkat masyarakat desa, budaya membaca tidak disertai dengan politik will dalam kebijakan pemerintah untuk menunjang agar budaya ini lebih cepat terwujud dengan demikian kualitas sumber daya manusia Negara semakin meningkat dan memberikan dampak yang luar biasa untuk perubahan bangsa ke-arah yang lebih baik.

Sekolah literasi yang merupakan fondasi dasar untuk menanamkan spirit membaca, menulis, menanam agar dasar ini menjadi kekuatan yang mengakar dalam setiap masyarakat indonesia yang pada akhirnya akan memberikan manfaat yang sangat besar untuk membangun Negara ini, Tulisan ini berusaha untuk melihat begaimana sekolah literasi mampu membangun visi Negara berkemajuan dengan melihat manfaar dari sekolah literasi dan bagaimana hubungan sekolah literasi dengan sumber daya manusia serta memberikan nama-nama tokoh-tokoh literasi dalam dunia islam yang sangat terkenal dengan kualitas keilmuwannya.

Sekolah literasi yang diadakan oleh Rumah Baca Komunitas beberapa akhir yang lalu memberikan paradigma yang cukup utuh dalam menjelaskan tentang literasi walaupun penulis hanya mengikuti sekolah yang kelima tetapi kegiatan yang dilakukan sangat memberikan manfaat yang besar baik untuk individu maupun secara kolektif, sekolah literasi ini sangat bermanfaat terutama untuk kalangan yang ingin mengenal dunia literasi. Ada beberapa manfaat sekolah literasi yang perlu diadakan di jenjang-jenjang pendidikan dasar agar pembangunan Negara berkemajuan itu bisa lebih cepat dengan penyadaran bahwa bangsa yang maju adalah bangsa yang rajin membaca, memunculkan inovasi dan selalu kritis terhadap pemerintah sehingga terciptanya sebuah Negara yang berkeadilan yang selama ini banyak kaum radikalis mengkritik dan mengatakan bahwa Negara tidak adil makanya mereka melakukan kekerasan padahal itu salah seperti yang dijelaskan oleh Buya Syafie Maarif dengan dalil yang kuat.

Manfaat sekolah literasi yaitu:
(1) menyadarkan bahwa membaca adalah hal yang terpenting yang harus dilakukan oleh manusia
(2) Dengan membaca pembangunan menjadi warga Negara yang cerdas sekaligus beradap cepat diwujudkan. seperti yang dikatakan oleh Platon salah satu kebahagian adalah menjadi warga Negara yang cerdas, baik dan beradab.

(3) Menyadarkan bahwa budaya membaca harus dibangun oleh siapapun tanpa memandang pangkat dan kedudukan dalam masyarakat (4) Memberikan gambaran bagaimana seharusnya fungsi kaum yang tercerahkan di masyarakat

Ada keyakinan bahwa, Semakin tinggi budaya membaca maka kepedulian sosial semakin tinggi, kemandirian masyarakat semakin kokoh dan hilangnya budaya yang mengarah pada kekerasan dalam kehidupan bangsa
Semakin mencintai lingkungan.

Hal ini dapat mengacu seperti yang dilakukan oleh Rumah Baca Komunitas yang memiliki ajaran ekoliterasi tentang harus melestarikan lingkungan dan merawatnya
Dengan membaca maka tidak akan ada lagi penguasa yang akan bertindak sewenang-wenangnya.(Manifesto Rumah Baca Komunitas).

Membiasakan budaya menulis agar mampu menunjukkan bahwa bangsa ini memiliki gagasan yang cemerlang dengan gagagasan yang cemerlang inilah bangsa ini akan maju tapi disertai tindakan yang kongkret.
Membangun jiwa kemanusian yang akan selalu bertindak demi kebaikan bukan demi materialisme

Kegiatan sekolah literasi ini sebagai pondasi dasar untuk membangun budaya membaca maka sekolah literasi ini dalam jangka panjang akan semakin meningkatkan kualitas sumber daya manusia karena budaya membaca yang mulai bersemi akan semakin membuat banyak kaum terdidik dan memiliki kesadaran untuk berani bersaing dengan orang lain, budaya membaca yang tinggi pasti meningkatkan SDM yang tinggi maka sangat memberikan manfaat yang besar.


Dalam dunia islam sangat banyak tokoh-tokoh yang sangat mencintai dunia literasi yang memiliki perpustakaan pribadi yang besar bahkan ada tokoh yang mengatakan buku jauh lebih berharga dari pada harta, sikap seperti ini menunjukkan kecintaan terhadap dunia keilmuwan yang sangat tinggi maka penulis akan memperkenalkan nama-nama tokoh islam yang sangat mencintai dunia literasi dan kaya akan bukunya serta kualitas intelektual yang tinggi, nama-namanya yakni: Al-Fath bin Khaqam, Ibnu Khasyab, Jamaluddin Al-Qithi, Muwaffaq bin Muthran ad Dimasqi. Masih banyak lagi toko-tokoh islam yang kuat budaya literasinya seperti Ibnu Sina, Al-Farabi, Ibnu Arabi, Ibnu Taimiyah, Jamaluddin Al-Afghani, Muhammad Abduh, Imam Al-Ghazali, dan lainnya.

2 comments:

  1. buku sangat penting, terima kasih telah berbagi

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya tidak masalah dengan apa yang terjadi, tetapi menurut saya informasi seputar [http://www.rumahbacakomunitas.org/2015/09/sekolah-literasi-pembangunan-visi.html?showComment=1461490148219#c6139295642097102544]
    sangat bermanfaat,.


    Domino 99 | Domino 99 Online | Agen Domino QQ | BandarQ | onebetqq.com

    ReplyDelete

Tulisan Terbaru

Populer

Hamka For RBK

Hamka For RBK

Sjahrir For RBK

Sjahrir For RBK