Thursday, December 17, 2015

Dua Cerita Kekuatan

Rifki Sanahdi

Cerita singkat di waktu duha
Duduk di depan bangunan mungil Rumah Baca Komunitas merupakan suatu hal yang mengasikkan. bagaimana tidak, mata akan selalu disuguhkan dengan pemandangan tanaman-tanaman hijau yang terlihat subur dan tertata rapi. Ada tanaman obat, tanaman sayur dan tanaman hias. Semua tanaman-tanaman tersebut terintegrasi membentuk suasana nyaman dan pemandangan molek. Siapapun akan terpana oleh keelokan yang terpancarkan dari auranya. Keberadaan tanaman tersebut selain untuk alasan estetik dan ekologis juga untuk alasan psikologis. berada di depan mereka jiwa terasa tenang di tengah kekacauan dunia yang selalu mencekik kehidupan manusia ini, Tak ada ku dengar hiruk pikuk manusia-manusia serakah. Hanya terdengar suara gemercik embun yang jatuh dari dedaunan dan bunga gelombang cinta. Namun semakin aku terlarut dalam keasikan itu aku semakin risau dan takut. Risau akan keadaan jutaan jenis tumbuhan lain di bumi allah ini. Bagaimana keadaan mereka. Apakah dirawat juga?apakah mereka sehat dan terlihat molek seperti pemandangan di depanku ini? Ayo menanam dan mari merawat bumi. ‪#‎SAVEEARTH‬#

Pergerakan diri
Bergerak berarti berpindah dari suatu tempat menuju tempat lainnya. Menurut KBBI bergerak ialah suatu peralihan tempat ataupun kedudukan, baik sekali maupun berulang kali. Secara lumrah semua mahluk hidup melakukan hijrah atau movemen dengan alasan mencari tempat yang lebih baik. Jadi pergerakan bermakna perpindahan tempat seseorang baik sekali maupun berulang-ulang menuju tempat yang lebih baik.
Hijrah menuju kebaikan terkadang merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan walaupun sbenarnya dalam hal implementasi begitu mudah. Benteng kemalasan berupa zona nyaman dengan keasikan sendiri terbentang luas dan berdiri kokoh. Jika tak memiliki senjata pamungkas maka takkan mampu melewatinya. Meminjam kata bapak David Efendi "jika tak bergerak maka mati di tempat" sehingga bergerak menuju hal yang lebih baik merupakan suatu hal yang wajid dilakukan jika tak mau mati di tempat oleh zaman yang edan ini.
senjata pamungkas untuk menghncurkan benteng itu yaitu panah keberanian dan revolusi mental seperti yang sering dilontarkan presiden jokowi. Kedua hal tersebut menjadi indikator yang sangat penting dalam pergerakan. Namun itu belum seutuhnya mampu meggerakkan ke arah yang lebih baik jika todak dibarengi dengan faktor pendorong. Mengutip bahasanya bang Fauzan Anwar Sandiah bahwa hal yang paling penting yaitu "daya tahan". Jadi faktor pendorong tersebut adalah daya tahan. Daya tahan menjadi faktor istikomah dalam melakukan sesuatu sehingga hal tersebut akan countinously(terus berlanjut).


No comments:

Post a Comment

Tulisan Terbaru

Populer

Hamka For RBK

Hamka For RBK

Sjahrir For RBK

Sjahrir For RBK