Wednesday, December 2, 2015

"Melindungi Makna Daya Tahan" (catatan ROTS 10 Okt 2015)



 Fauzan A Sandiah

Saya pertama-tama harus menyatakan sebuah ungkapan yang pantas untuk dua orang anak muda ini. Rifki S dan Mascu--saya tak melebih-lebihkan, dengan segala yang bisa dikerjakan mencoba mendalami dan mengalami gerakan literasi. Itu tentu tidak bisa dibilang susah atau sederhana, lebih tepatnya bemakna.



Perpustakaan yang dirintis sejak awal tahun 2014, seringkali didefinisikan sebagai sebuah pencarian makna. Kami bertemu dengan orang-orang baru setiap minggu. Kami bertemu dengan berbagai macam pengalaman  baru. Dan yang lebih penting, kami bertemu makna sederhana tentang arti "daya tahan" hidup.



Setiap minggu pagi mengangkat berkadus-kardus buku, membawa tikar, dan gorengan serta sebotol air mineral yang diisi dari kontrakan rbk adalah hal yang repetitif tetapi reflektif. Itu kami jalankan sebagai bentuk dialektika untuk mengalami daya tahan itu.



Pagi ini, kami buka rbk on the street pukul 7, "kalian buka agak siangan ya?" Tanya Teh Ocha. "Ya begitu teh. hehe" Jawab Mascu. Rifki yang tengan membaca Bumi Manusia menimpali dengan senyum saja. Tampaknya mereka tak bermaksud untuk menjelaskan mengapa "kesiangan". Sebabnya sederhana, "kesiangan" adalah sisi humoritas dari rots. Itu semacam kontradiksi yang sebenarnya klasik, sehingga bermakna ganda. Tak absolut.



ROTS kali ini kami bertemu dengan pengunjung baru. Awalnya tak tau kalau buku di rots bebas dipinjam tanpa syarat apapun. Kecuali permintaan kami agar judul buku ditnggal sebagai "kenang-kenangan". Itu untuk memastikan setiap buku paling tidak telah bertemu dengan orang tua asuh baru. Tujuan rots disitu.



setiap minggu kami menguji sesuatu. Memperjuangkan sesuatu. Tak penting orang menilainya dengan kerangka tertentu, karena sebagaimana daya tahan hidup, apa yang diperjuangkan manusia tak selalu berdaya dalam pragmatisnya teks serta godaan yang mungkin dihadirkannya.


No comments:

Post a Comment

Tulisan Terbaru

Populer

Hamka For RBK

Hamka For RBK

Sjahrir For RBK

Sjahrir For RBK